3.26.2011

#Day 29 - Mulut




Mulut itu bukan sekadar indera. Apa yang keluar dari liangnya punya kuasa.

Kau boleh percaya. Boleh juga tidak.

Silakan bergaul dengan orang yang cinta makian. Dalam beberapa saat kau akan menjadi sepertinya. Kotor. Begitu sebaliknya. Kalau kau berakrab dengan orang yang perkataannya membangun, maka hidupmu akan jauh lebih berguna dan positif.

Apa yang diucapkan mulut meluap dari hati. Kalau kau tidak hati-hati, menajiskan orang pun bisa kau lakoni. Mulut bisa manis. Bisa juga memberangus.

Saya pernah jadi korban mulut yang jorok. Baunya seperti comberan. Yang keluar hanyalah fitnah. Menyebar dengan sangat rakus. Walaupun pada akhirnya menguap bersama angin, tetap saja meninggalkan aroma tak sedap.

Tidak semuanya memang. Banyak juga mulut yang membawa wewangian. Saya belajar banyak dari komunitas yang baik. Dan saya bersyukur Sang Khalik mengizinkan saya bertumbuh bersama mereka. Doa dan keoptimisan lahir dari mulut mereka. Betapa menyenangkan.

Pilihan selalu ada di kedua belah tangan kita. Akan jadi orang yang bermulut seperti ular beludak atau sebaliknya.

-Jakarta, Maret 2011, V-

Big thanks to Popop and JTC, kalian mengajarkan saya untuk menjadi orang yang membangun lewat mulut saya.

No comments:

Post a Comment